Jasa Akuntansi Publik

Setiap usaha tidak bisa terlepas dari urusan hitung menghitung atau masalah keuangan. Keuangan yang dimaksud disini adalah modal, keuntungan atau kerugian. Perusahaan dengan skala kecil, menengah atau pun besar selalu terkait dalam hal akuntansi dalam pengelolaan dananya. Perusahaan besar bahkan sampai harus menyewa dan memiliki konsultan jasa akuntansi untuk melakukan audit keuangan perusahaan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jasa akuntansi, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih mengenai pengertiannya. Akuntansi dapat didefinisikan dari dua sudut pandang yaitu dari sudut pemakainya dan proses kegiatannya. Dari sudut pandang pemakai, akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu disiplin ilmu yang menyediakan informasi kuantitatif entitas ekonomi (usaha) terutama yang bersifat keuangan dan dimaksudkan untuk berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi, dan dalam menentukan pilihan di antara serangkaian tindakan-tindakan alternatif yang ada. Sedangkan jika dilihat dari sudut pandang proses kegiatannya, akuntansi dapat di definisikan sebagai proses mencatat, mengelompokkan, ikhtisar, pelaporan dan analisa data keuangan suatu organisasi (perusahaan).

Tentang Akuntan Publik

Akuntan publik merupakan salah satu profesi di Indonesia yang berhubungan dengan layanan jasa akuntansi. Akuntan publik memberikan jasa profesional yang sudah mendapatkan perizinan secara resmi yang dikeluarkan oleh lembaga terkait dari negara. Dengan sudah memiliki izin jasa akuntan publik dapat membuka praktik sebagai akuntan swasta yang bekerja dengan cara independen. Adapun tugas dari akuntan publik meliputi audit laporan keuangan, audit pajak, analisis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Semua akuntan publik wajib hukumnya untuk terdaftar dalam Institut Akuntan Publik Indonesia, asosiasi profesi yang telah diakui secara resmi oleh pemerintah negara. Ketentuan terkait akuntan publik sudah tertuang dengan jelas dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, yaitu Nomor 5 Tahun 2011 mengenai Akuntan Publik & Peraturan Menteri Keuangan Nomor 443/KMK.01/2011) yang berkaitan dengan Penetapan Institut Akuntan Publik Indonesia sebagai wujud Asosiasi Profesi Akuntan Publik.

Peran Akuntan Publik

Akuntan publik memiliki peranan yang sangat penting untuk perusahaan. Hal tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

Mengendalikan dan mengarahkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan secara efektif

Dengan menggunakan jasa akuntan publik perusahaan akan mendapatkan pendayagunaan sumber daya secara efektif dan efisien. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan pihak perusahaan karena mengetahui potensi yang dimiliki dan dapat semakin berkembang dengan cepat.

Memberikan keputusan yang tepat mengenai penggunaan sumber daya termasuk melakukan identifikasi terhadap bidang keputusan yang rumit dan menetapkan tujuan beserta sasaran entitas

Akuntan publik dapat dapat membantu memberikan sebuah keputusan yang tepat dan menguntungkan bagi perusahaan. Hal ini juga akan dilakukan dengan hati-hati dan di identifikasi dengan sangat teliti.

Menyajikan laporan atas kepemilikan sumber daya yang dimiliki oleh suatu entitas

Selain dua peranan yang sudah disebutkan di atas, akuntan publik juga membuat laporan untuk semua kepemilikan sumber daya yang dimiliki oleh suatu entitas. Hal ini tentu akan menjadi arsip data yang sangat penting sebagai bahan pertimbangan.

Jenis Layanan Jasa Akuntan Publik

Terdapat dua jenis layanan yang diberikan oleh jasa akuntansi publik seperti:

Jasa Atestasi

Kantor jasa akuntan publik saat ini telah memberikan jasa penjaminan. Salah satunya adalah jasa atestasi. Jasa atestasi adalah jenis jasa penjaminan yang dilakukan kantor akuntan publik dengan menerbitkan suatu laporan tertulis yang menyatakan kesimpulan tentang keadaan pernyataan tertulis yang dibuat oleh pihak lain. Jasa atestasi diberikan untuk memberikan pernyataan atau pertimbangan sebagai pihak yang independen dan kompeten tentang sesuatu pernyataan satuan usaha sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Jasa Non Atestasi

Jasa non atestasi adalah jasa yang dihasilkan oleh akuntan publik yang didalamnya tidak memberikan suatu pendapat, ringkasan temuan, atau keyakinan negatif.

Startax Consulting, Siap Melayani Segala Macam Persoalan Akuntansi Anda

Startax Consulting adalah solusi mudah untuk usaha Anda. Dengan didukung software akuntansi terbaik offline dan online sebuah aplikasi yang diciptakan sesuai dengan aturan Standar Akuntansi Keuangan. Serta tenaga accounting yang sudah sangat berpengalaman dalam mengatasi akuntansi. Kami akan membantu mengerjakan persoalan akuntansi usaha Anda baik mengelola persediaan, hutang, piutang kas, bank, sistem akuntansi, pajak dan menyusun laporan keuangan (Neraca, Laba Rugi, Arus Kas, Buku Besar, Catatan Laporan).

Layanan yang kami berikan secara profesional dan selalu mengutamakan kualitas dengan selalu berusaha mengembangkan kemampuan. Selain itu kami juga menjaga integritas terhadap rahasia dan kepercayaan yang sudah diberikan. Komitmen kami dalam memberikan layanan jasa akuntansi yaitu memberikan saran yang objektif dan menyeluruh atas masalah akuntansi yang dihadapi. Namun kami tetap berpedoman pada undang-undang yang berlaku.

Untuk Anda yang sedang mencari atau membutuhkan Jasa Akuntansi Publik. Jangan khawatir, Anda dapat menghubungi melalui tim kami. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi Startax Consulting. Dengan senang hati kami siap membantu semua persoalan akuntansi Anda.

 

 

 

Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa Akuntansi Jakarta Selatan

Konsultan Pajak yang Bagus di Jakarta